Sabtu, 12 Januari 2013

Ruhul Istijabah

Bismillaahirrahmaanirrahiim. . . 
Tema hari ini tentang RUHUL ISTIJABAH oleh Ust. Salim. . . 
Ruhul Istijabah merupakan suatu sikap menyegerakan diri untuk menyambut perintah Allah, melaksanakan kebaikan. . .
Salah satu ciri orang dengan sifat Ruhul Istijabah adalah ketika datang perintah / seruan dari Allah (ex : Adzan --> tanda masuknya waktu shalat), maka ia akan menyegerakan untuk menunaikan kewajiban tersebut tanpa menunda-nundanya lagi. Tak terbatas pada perkara yang sifatnya wajib saja, orang dengan sifat Ruhul Istijabah akan senantiasa merasa rugi tatkala ia meninggalkan atau melalaikan suatu hal yang sifatnya memberikan maslahat bagi sesamanya. . .
Rasanya sangat tertampar mengingat semua hal yang kulakukan selama ini, seketika banyak pertanyaan yang menggema dipikiranku. 
Berapa banyak kewajiban yang telah kulalaikan? Kudzalimi diriku sendiri dengan membangun tembok penghalang jalanku menuju surga-Nya, Astaghfirullah. . .
Berapa banyak kebaikan yang telah kulewatkan hanya karena satu kata yang menggerogoti hatiku tanpa kudasari "MALAS", Astaghfirullah. . .
Sudahkah hidupku bermanfaat bagi orang lain? tak perlu terlalu jauh, sudah bermanfaatkah hidupku untuk diriku sendiri? bahkan pertanyaan mendasar ini belum sanggup kujawab sampai saat ini, Astaghfirullah. . .
Eksistensi kehidupanku mulai kupertanyakan, kebingungan melandaku saat kuajukan satu pertanyaan lagi pada hatiku, Ibadah apa yang telah kulakukan sehingga ia kelak akan menjadi penangguhku di hadapan-Nya???Astahgfirullah. . .lagi-lagi aku tak bisa menjawab. . .

Ingat kawan, hanya amal ibadah dan ketaqwaanmu saja yang membedakanmu dengan orang lain, selebihnya sama saja.
Hari ini hati benar-benar di muhasabah. . . .

5 komentar:

  1. iyeh yeh mad,
    padahal sebenarnya diri ini sudah lama tahu bahwa malass itu => sifatnya setan.
    tapi masih saja memanjakan diri dengan leha-leha tak jelas.
    koreksi,koreksi, dan koreksi.
    ^^d

    BalasHapus
    Balasan
    1. he... ya, begitulah manusia, selain sifatnya yang suka mengeluh (mengutip dari blog tetangga yang mengupas surat Al-Ma'arij :D ), juga sedikit sekali dari mereka yang bersyukur --> malas contoh kurang bersyukur :>
      semangat koreksi, koreksi dan koreksi.... ^_*

      Hapus
  2. ekhem,
    blog tetangga?
    dewi-robiana.blogspot.com kan??
    :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahai.... apal e... mon bloggheh dhibi' B) B) B)

      Hapus
  3. Assalamu'alaikum, blogwalking, baca2, cari inspirasi dan salam ukhuwah.. ^_^

    sekalian mau ngasih tau kalo di www.muslimahonline.net banyak banget Jilbab Modern, Cantik Murah, Kerudung, Hijab, Bergo, Abaya, Turban, Shawl, Baju, Gamis, Mukena, Sejadah, Selendang, Ciput, Aksesoris, Bros, DLL

    BalasHapus